Subscribe Us

header ads

Hot Widget

random/hot-posts

meniru sifat kura - kura

Meniru Sifat Kura – Kura

Sebabagai manusia yang dianugrahi sifat nafsu oleh sang pencipta, kita sering kali mengingkan apa yang kita inginkan itu secara Instan. Keinginan yang didasarkan nafsu itu kadang membuat kita lupa, bahwa setiap keinginan itu pasti memerlukan proses yang memakan waktu panjang , sehingga ketika keinginan yang itu belum tercapai kita akan merasakan bahwa kita tidak memiliki bakat, keberuntungan ataupun kecerdasan.
Dilain sisi sifat instan ini telah menjalar keseluruh manusia. Jika kita perhatikan, betapa banyak para pelajar yang menginginkan nilai yang baik namun tidak faham bahwa keinginan itu tidak akan tercapai tanpa usaha. Bukankah Alllah Swt, berfirman dalam al – Qur’an yang artinya :
      “ aku tidak akan merubah nasib suatu kaum, sebelum kaum itu merubah nasibnya “.
Jika kita hayati akan firman Allah Swt, kita dapat simpulkan bahwa keinginan akan tercpai jika kita dukung dengan usaha. Dan usaha itu terdiri dari berbagai macam yang akan kita sesuaikan dengan keinginan kita. Misalkan untuk kaum pelajar, untuk mencapai kecerdasan dapat dilakukan dengan banyak membaca, belajar kelompok, sering berlatih dalam mengerjakan soal dan yang paling penting terabkan adab – adab dalam menuntut ilmu, seperti jangan bermasiat, jangan melawan guru dan yang penting adalah berbakti kepada orang tua.
Namun sayang sekal untuk menggapai  cita –cita itu kadang kita melupakan perangkat –perangkat pendukung keinginanan kita.  Kita lebih sering mengeluh tanpa berusaha dengan sungguh – sungguh.
Bukankah untuk membuat mie yang banyak dikatakan orang instan, kita memerlukan waktu 5 – 10 menit. Apa lagi jika ingin mendapakan cita – cita yang kita inginkan. Kita mesti bergelut dengan waktu, hambatan dalam proses, bahkan kita akan mengorbankan waktu istirahat kita hanya untuk meenggapai cita – cita kita.
 Jika kita memandang kearah belakang, terkadang kita harus malu akan ketidak sabaran kita dalam bekerja. Padahal, ketika kita memperhatikan seekor kura – kura, kita akan takjub akan keperibadiannya, semangatnya dan yang tak kalah penting adalah usahanya.
Dalam usaha untuk mencapai cita – cita, sang kura – kura akan mulai dengan perlahan – lahan  namun pasti. Beliau tidak pernah mengeluh akan kekurangan yang dimilikinya. Baginya, pelan – pelan namun istiqomah itu jauh lebih baik. Namun yang lebih menarik dari sang kura – kura tersebut adalah mampu memgerjakan tantangan dengan sempurna meskipun memakan waktu yang sangat bnyak dan bahkan melelahkannya.

**
Tantangan dan rintangan merupakan factor utama yang harus dikalahkan terlebih dahulu jika kita ingin mendapatkan kebahagian dan kesuksesan.  Tantangan itu banyak sekali jenisnya, mulai dari tantangan keimanan, pendidikan , perasaan dan banyak lagi jenisnya.
Dalam al – qur’an Allah telah berfirman “ allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu sendiri yang merubahnya “.  Untuk merubahnya banyak sekali yang harus kita lakukan dan itu semua memerlukan waktu yang lama.
Jika kita menengok ke masa khalifah, Sahabat Umar bin Khattab r.a yang terkenal akan ketegasannya, Membutuhkan waktu yang banyak untuk merubah pandangan hidupnya, dari jahiliyah menuju islamiyah yang berlandaskan Al – Qur’an dan Sunnah.
Dalam literatur dijelaskan bahwa sahabat Umar bin Khattab menghatamkan  al – qur’an selama 10 tahun, dan selama 10 tahun itulah ia telah mengamalkan keseluruhan isi Al – Qur’an. Masya Allah semoga allah selalu merahmatinya.
Sahabat semua, jika kita cermati literature di atas, maka setiap usaha memerlukan 2 pilar penyangga, pilar penyangga tersebut adalah sabar dan istiqomah. Sabar disaat kita menjalankan segala tugas kita demi cita – cita kita, sedangkan istiqomah adalah rutinitas kegiatan kita dalam menggapai cita – cita. Istiqomah juga dapat diartikan sebagai konsekuen terhadap pilihan pribadi kita dan tidak merasa bosan dalam menjalani keinginan kita. Semoga sukses selalu, amin.    








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "meniru sifat kura - kura"

Post a Comment